Tuesday, April 16, 2013

ANDAI RADEN AJENG KARTINI HIDUP DI JAMAN INTERNET.



Berhubung di bulan April setiap tanggal 21 April kita peringati sebagai hari Kartini, aku jadi ingin menulis tentang ibu kita Raden Ajeng Kartini deehh...

Siapa sih yang gak kenal beliau ini...seorang tokoh pahlawan wanita yang hebat, pelopor perjuangan emansipasi kaum wanita agar bisa memperoleh kesempatan merasakan pendidikan yang sama dengan kaum pria pada saat itu...keren banget ! soalnya beliau hidup di tahun 1900'an (lahir 21 April 1879 - wafat 17 September 1904) tapi punya pemikiran yang jauh kedepan meloncati jaman beliau hidup pada masa itu.

Naah aku berandai-andai nie, kalo saja R.A Kartini justru lahirnya di jaman internet seperti sekarang ini, dimana era dunia terhubung begitu mudahnya hanya dengan akses internet. Beliau yang hidup di jaman dodol kala itu saja (dodol jaman itu sudah ada gak sih ?) pemikirannya sudah jauh banget ke depan, apalagi kalo beliau hidup di jaman ini.

Aku membayangkan pemikiran-pemikiran beliau yang hebat di social media seperti facebook dan twitter...dan tentu saja di blog beliau...fiuuhh sudah pasti keren abiess...gak terbayang apa kira-kira yang akan beliau usulkan untuk kaum wanita, mungkin...mungkiin niee (namanya juga berandai-andai !)
beliau akan mengusulkan bagaimana kalo kaum pria setiap bulan dalam seminggu (seminggu saja !) melaksanakan seluruh tugas-tugas perempuan (bagi yang sudah berumah tangga) dalam mengurus anak dan rumah (tanpa bantuan istri atau pembantu sama sekali !), bagi yang belum ya gantiin ibunya dong !hehe...

Mengusulkan agar pelaku kekerasan terhadap wanita, terutama pemerkosaan wanita dan anak-anak harus dihukum seberat mungkin (bila perlu hukuman mati !)...karena pemerkosaan terhadap wanita dan anak-anak sama saja dengan merusak masa depan bangsa.

Atau mungkin beliau malah mengusulkan agar kaum wanita tetap berkebaya dalam hal berbusana, karena beliau mungkin agak-agak miris melihat busana beberapa wanita (baca : oknum) yang kadang terlalu super mini dan banyak ventilasi dimana-mana...(wah aku yang repot nih kalo naik motor berangkat kerja pake kebaya !)

Belum lagi komunikasi antara ibu Kartini dengan teman-temannya yang di Belanda, salah satunya Rosa Abendanon...tentu saja gak perlu lagi dengan surat via pos (kelamaan !) tapi lewat surel (surat elektronik)...lah jaman internet gini kan ?. Mereka akan saling berkomunikasi tentang pikiran-pikiran hebat apa saja lagi yang perlu diperjuangkan untuk kemajuan kaum wanita di Indonesia yang di jaman ini sudah begitu majunya...ckckckck...gak kebayang deh ! Kemudian hasil-hasil karya beliau dibukukan dengan judul "Sudah Terang...dan Tetap Teranglah Selalu"...(kok rada mirip iklan lampu yah ?...hihihi)  

Sudah ah, kok aku jadi ngelantur berandai-andai tentang R.A Kartini...tapii...aku menulis ini karena beliau salah satu tokoh pahlawan idolaku,. karena berkat jasanya aku (yang juga wanita) bisa merasakan nikmatnya dunia pendidikan...dan well, sekarang aku pun bebas menulis apa saja di blogku tersayang ini.
Makasih banyak yaa ibu Kartini...

Selamat Hari Kartini (21 April) buat seluruh kaum wanita Indonesia !



www.biografi-tokoh.com/2012/10/blog

No comments: