Monday, April 15, 2013

"TERBANG SENDIRI"


Ini cerita yang bagi siapa saja mungkin terasa biasa-biasa saja, tapi terasa ‘spesial’ (meskipun gak pake telor) buatku, karena merupakan pengalaman terbang sendiri puluhan tahun silam (di usiaku yang masih belia)
‘Terbang’ yang aku maksud disini bukan dalam artian terbang kayak Bang Superman yang guantengnya aujubileh itu yaa...tapi naik pesawat terbang sendiri !

Singkat cerita, waktu itu aku baru tamat sekolah SMP...(masih ABG banget !..). Aku waktu itu masih tinggal di Ujung Pandang (sekarang  Makassar). (Alm.) bokap (biar keren aku sebut orang tua pake istilah bokap dan nyokap yaa...asli produk 90’an nie !) sudah duluan pindah ke Bali...jadi aku, nyokap dan dua kakakku  masih di UP (aku singkat saja kota Ujung Pandang ini) karena masih harus mengurus surat-surat sekolah yang belum selesai pada saat itu.

Akhirnya  surat-surat  tamat sekolahku selesai, tapi kedua kakakku belum... dan karena waktu untuk menunggu surat-surat mereka lumayan lama...aku pun minta ke nyokap biar aku lebih dulu berangkat sendiri. Nyokap awalnya ragu, trus nanya..”Emangnya berani terbang sendiri ?”...aku yang aslinya emang suka rada nekat dengan PD’nya bilang “berani...kenapa enggak ?” yaa dengan catatan aku minta pas sudah nyampe di Bali sudah ada yang jemput aku....jadi gak perlu naik taxi segala. Toh pikirku cuma sejam perjalanan saja naik pesawat dari UP-DPS...jadi apa yang perlu aku takuti ?

Hari aku berangkat terbang sendiri tiba...aku pada saat itu sudah berpenampilan keren banget (menurut penilaianku sendiri siih..), maklum mau naik pesawat terbang...masak gak keren ?.
Aku masuk untuk check-in, tas-tas yang aku bawa diperiksa dan ditimbang untuk masuk bagasi , habis itu tiketku diberi tanda...lalu aku dipersilakan masuk ke ruang keberangkatan...ya langsung deh aku bersay-goodbye ama nyokap dan kakak yang mengantarku. Gak lama duduk di ruang keberangkatan.. pengumuman nomor pesawat yang akan membawaku ke Bali memanggil...aku masuk antrian...naik pesawat dehh...

Mungkin kalian berpikir apa serunya coba naik pesawat...itu kan satu satu hal yang biasa banget, apalagi bagi yang saban hari kerjaannya naik pesawat terbang melulu..yaa kayak pilot-pilot dan para pramugari itu (hehe...itu emang kerjaan mereka yah ?!). Seru yang aku rasa ya karena ada pengalaman lucu yang aku alami pada  satu jam penerbanganku dari UP ke DPS itu. Untuk menikmati waktu penerbangan yang berlangsung aku sudah membawa bekal majalah remaja (untuk bacaan selama di penerbangan), aku sudah berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat (dengan beberapa permohonan)...dan inilah isi doa-doaku saat itu :
·       
  •       Semoga lancar dan selamat penerbangan ini
  • ·        Semoga teman dudukku nanti cowok ganteng (maklum masih ABG...sedang puber-pubernya)...ya biar penerbangan terasa menyenangkan dong !
  • ·        Semoga dapat tempat duduk di samping jendela pesawat (biar bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian)...dan aku berdoa juga...
  • ·        Semoga pleaseee....teman dudukku jangan bule ! (habis aku gak jago English Language siih !)

Tapi apa yang terjadi saudara-saudara ?...doa anak bandel memang jarang dikabulkan Tuhan...ketika aku sudah ditunjukkan tempat dudukku sama mbak pramugari cantik...aku mendapati teman dudukku adalah  BULE !...Bule sebule-bulenya !...masih syukur kalo bulenya cowok ganteng..lah ini bule sudah tuaa dan bule itu ada dua orang ..kurasa mereka sepasang suami istri (aku duduk di satu deret yang berisi tiga kursi)...tapiii untunglah Tuhan masih berbaik hati memberi aku tempat duduk di samping jendela.

Aku membawa satu tas sedang pada saat itu (dua tas besar masuk bagasi pesawat)...tas sedang itu mau aku taruh di dalam bagasi yang terletak di atas kursi tempat kita duduk...dan karena aku mungil (baca : pendek !) tanganku gak sampai menjangkau bagasi atas itu...(gak mungkin dong aku main lempar itu tas...gak keren amat...emangnya naik angkot !)

Akhirnya aku terpaksa minta tolong sama si bapak bule itu..."Excuse me Sir...can you help me ?"..sambil aku menunjuk tasku dan memberi kode untuk menaruh di bagasi atas. Si Bapak bule itu tersenyum (OMG ..bule itu ramah sekali...waah alamat dia pasti mau ajak ngobrol aku nanti...gaswat !) kemudian dia membantuku, habis itu ya aku bilang "Thank you Sir !"
Karena aku duduk di samping jendela. otomatis aku harus permisi melewati tempat mereka duduk..ya lagi-lagi aku bilang "Excuse me Sir...Excuse me Madam !"..mereka tersenyum dan membiarkanku melewati mereka.

Setelah aku duduk manis...dan pesawat sudah mengudara, aku langsung membuka majalah yang kubawa...aku nggak mau noleh-noleh ke dua bule itu, aku takut kalo aku lihat mereka...aku akan diajak ngobrol...dapat aku melirik ke bapak bule itu...eeh ternyata dia sedang lihatin aku sambil menahan senyum...rupanya dia merasa aku menghindar gak mau diajak ngobrol olehnya.......sialaaaaannn...malu akuuu...hahahahaha.... Akhirnya selama satu jam itu aku tepaksa berpura-pura sedang asyik membaca...padahal dalam hati sih gak enak aja sama bule itu karena dikira gak ramah gak mau diajak ngobrol...gini deh akibatnya kalo bahasa Inggris pas-pasan.

Ketika pesawat akhirnya landing di Bandara Ngurah Rai dengan selamat, adegan seperti kejadian mau berangkat terulang lagi (minta tolong nurunin tas !) "Excuse me Sir, can you help me ?'...si bule tersenyum dan menolongku....kemudian "Thank you Sir !"...(walopun dalam hati menahan malu !) and byee Mister...maaf yah aku cuma manfaatin  tenaga anda sajaaa .!...

Ya sudah...aku ada di Bali sejak saat (tahun 1992) itu sampai  sekarang.....dan memori "Terbang Sendiri" itu menjadi penerbanganku yang terakhir, karena sejak itu aku belum pernah lagi naik pesawat terbang sama sekali sampai sekarang.......

Ada yang berminat bayarin aku untuk naik pesawat terbang lagi ? hehehehe....