Monday, April 8, 2013

'Suka' dan 'Duka-Duka' Pengalaman Berjuang Mencari Kerja... (Plus Tips Cara Meraihnya)



Kalau anda-anda sekalian memiliki kesempatan atau keberuntungan tidak perlu bersusah-susah merasakan bagaimana sulitnya berjuang mencari pekerjaan dimana jumlah tenaga kerja yang ada jauuuhh melebihi kapasitas lapangan pekerjaan yang tersedia.....maka bersyukurlah !

Karena kali ini aku pengen berbagi tentang 'Suka' dan 'Duka-Duka' pada saat berjuang mencari kerja...ini berdasarkan pengalaman  pribadi dahulu kala (Plus sedikit tips dari Aku untuk meraihnya)...Yaa...kalik aja bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari pekerjaan...

Suka :
Suka yang aku rasa sih gak banyak yaa...paling perasaan 'happy' karena ada buanyaakk banget teman-teman senasib (dengan wajah penuh harap bercampur melas pastinya !)...Jadi kita tidak sendiri (Ini sih biasanya yang aku temui pada sesi Interview)...So Semangaaattt !!!...Dan tentu saja Suka dalam hal kalau kita sudah berhasil diterima di tempat kerja yang kita idamkan.

Duka-Duka :
Waaahh untuk bagian yang ini lumayan banyak pastinya, antara lain :
- Dalam pembuatan surat lamaran ada yang dengan tulis tangan...ada juga yang diketik pake komputer...Tulis tangan ya Dukanya tangan jadi pegel...(apalagi kalo nulis begitu banyak surat lamaran), sedangkan kalo komputer...syukur-syukur anda punya komputer dan printer sendiri, tapi kalo mesti ngetik di rental pengetikan...yaa anda mesti  mengeluarkan biaya doonng (Duka lagiii...hiks!).

(Tip : Kalo anda pake tulis tangan...okelah...mungkin kesannya lebih personal (dan lebih irit !)...tapi yaa kalo tulisan tangan anda bagus dan mudah terbaca...tapi kalo kayak cakar macan ? (alias lebih dahsyat dari cakar ayam ?!)...Jadi kalo saran aku sih mending diketik saja...(Kecuali Perusahaaan yang anda tuju mensyaratkan dengan tulisan tangan !). Usahakan surat lamaran anda walaupun diketik buatlah dengan berbeda dan semenarik mungkin...jangan terlalu biasa seperti surat-surat lamaran kebanyakan...agar dapat menarik minat perusahaan untuk memanggil anda untuk interview)

 -  Kalau anda mengirim  lamaran via pos...dan mengirim beberapa surat lamaran...tentu saja anda harus mengeluarkan biaya untuk perangko atau cap pos...(lagi-lagi Duka yah ?). Hitung saja berapa surat lamaran yang anda kirim dalam seminggu misalnya, kalikan dengan biaya pos...sudah berapa duit tuh yang harus kita keluarkan...padahal kita dalam posisi 'kere' karena nganggur...Ya syukur-syukur kalo anda cuma kirim satu surat lamaran dan anda langsung diterima (yang biasanya sih amat sangat jarang terjadi !)

(Tip : Pada saat anda mengirim surat lamaran, ketika menyerahkan ke petugas pos amplop lamaran surat  anda dan si petugas mungkin bertanya...Surat lamaran kerja yah mbak/mas ? Kalo aku sih pasti jawab oh surat cinta pak/bu...dan mereka pasti tertawa...(Ingat ! Tertawa itu menyehatkan ...hahahaha...dan suasana pun menjadi tidak tegang)...dan yang terpenting jangan lupa berdoa...percaya deh biasanya manjur kok...karena ada saja panggilan interview untuk kita).

- Kirim lamaran via email...kalo via email, aku sih dulu gak pernah kirim  via email yaahh...karena jujur..aku gak tau caranya....hahahahaha...Jadi menurutku kirim lamaran via email itu Duka yang terasa hanya bagi yang katrok dan gaptek kayak aku ini...hehehe...

(Tip : Kalo perusahaan yang anda incar menuntut pengiriman via email...dan anda seorang yang katrok dan gaptek...yaaa anda gak perlu malu dan gengsi untuk meminta tolong pada temen, saudara, atau mungkin tetangga anda yang lebih jago untuk membantu mengirimkan lamaran anda via email tersebut. Ingat ! Malu Bertanya Sesat Gak Dapat Pekerjaan )

- Saat menunggu jawaban : Setelah anda mengirim lamaran anda ...Duka yang terasa adalah ada jeda waktu menunggu apakah ada respon dari surat-surat lamaran yang anda kirim...apakah anda dipanggil untuk interview atau tidak.

(Tip : Seperti kita tahu menunggu itu membosankan (apalagi menunggu sesuatu yang tidak pasti !)...Jadi kalo aku dulu sih biar tidak terasa saat-saat menunggu itu ...aku siasati dengan tetap mengirim surat-surat lamaran pekerjaan (menurutku, semakin banyak semakin bagus...yaa walaupun semakin bangkrut !...hehehe)

- Momen Interview...Naahh...pucuk dicinta ulam pun tibaa...momen yang ditunggu banget para pelamar kerja tibaa....tapiiii...Duka-Duka dalam hal interview pun tidak sedikit...mau tahu apa saja ?..ini diaa :
  • Biasanya sebelum masuk tahap interview (bagi perusahaan besar) ada tahap pengisian biodata...sumpah...akun paling males kalo sudah disuruh mengisi data pribadi kita...basa basi banget ! Siapa yang gak bosan coba mengisi data-data namalah...riwayat sekolahlah...pernah bekerja dimana saja ?...dan bla..bla..bla lainnya (apalagi kalo itu interview kita yang kesekian kali). Iya kalo kita pasti diterima sih gak masalah isi data begonoan...lah kalo gak diterima itu...asli banget data-data kita cuma jadi kertas orat-oret kantor, dihancurkan di mesin penghancur kertas...atau bisa jadi dijual di penjual kacang goreng...tragis !
  • Setelah selesai mengisi data biasanya secara bergiliran kita akan dipanggil untuk interview (biasanya ada beberapa kandidat pelamar yang diinterview). Nah...di momen ini mental kita benar-benar diuji...apalagi kalo pesaing kita secara keseluruhan (baik itu secara fisik dan pembawaan diri jauh lebih oke daripada kita). 
    • (Tip : kalo anda ketemu situasi yang seperti itu...berdoa sajalah...berharap semoga anda jauh lebih pintar dari yang bersangkutan dan semoga beruntung anda bisa masuk hitungan untuk diterima...hahahaha...).   
  • Interview : Ketika tiba giliran anda untuk diinterview...anda akan merasa segala macam rasa (dari biasa saja, grogi, mules, tegang, penuh harap sambil bertanya-tanya...apakah aku diterima gak yah ?). 
    • (Tip : pada saat anda dipersilakan duduk...anda jangan lupa mengucapkan salam...(Selamat pagi,siang,sore atau ,malam pak/bu ! Biar kesannya sopan gituu...). Penampilan anda pun sebisa mungkin harus rapi jali, jadi jangan sekali-sekali anda berpenampilan seperti baru bangun tidur saat anda diinterview...gak bakalan anda dilirik...apalagi diterima !)  
          Dalam sesi interview ini biasanya ada pertanyaan-pertanyaan standar dari si pewawancara (biasanya dia sambil mengintip biodata kita !) antara lain :
  1. Ooh nama anda si Kuncung Kurang Mancung...nama panggilannya siapa ?...(Tip : yaa terserah anda mau jawab apa...kan anda yang punya nama)
  2. Kalo anda baru tamat biasanya si pewawancara berbasa-basi...oohh baru tamat yah ? sebelumnya mungkin pernah  ada bekerja part time ? (Tip : kalo pernah yaa jawab pernah...kalo gak pernah yaa jawab gak pernah...kalopun anda mau ngibul juga terserah anda !)
  3. Kalo anda sudah pernah bekerja sebvelumnya...biasanya ada pertanyaan basa basi seperti ini :   
    • Kenapa anda berhenti dari pekerjaan lama anda ? (Tip : ini pertanyaan menjebak...kalo kita jawab (misalnya) karena di PHK (Pemutusan Hubungan Kekasih...eh Kerja !)...takutnya mereka menilai anda kurang kompeten sehingga sampai di'PHK...kalo kita jawab.. yaa karena saya ingin mencoba belajar bekerja di bidang lain...mereka akan berpikir...heiheiheiii perusahaan ini bukan untuk ajang coba-coba...jadi pikirkan matang-matang jawaban anda!)
    • Berapa lama anda bekerja di tempat sebelumnya ? (Tip : kalo anda jawab terlalu singkat...misal 2 bulan...takutnya mereka berpikir anda tidak loyal terhadap perusahaaan dan bosanan...kalo terlalu lama,...misalnya 10 tahun...mereka akan tereak...hooiii...betah amaaatt ?!!...kenapa berhenti kalo sudah selama ituuu ???..sumpah...interview itu tidak mudah saudara-saudara !)
    • Apa kelebihan dan kekurangan anda ? Ini satu pertanyaan yang suka bikin aku dongkol mikirannya...karena dalam hatiku jawabannya adalah seperti ini : kelebihan ?...yaa aku jauuh lebih keren dari si pewawancara...dan kekurangan ?...kekurangan duit pastinya sehingga sampai pontang panting mencari kerja...hahahaha...(Tip : pikirkan secara matang apa kelebihan dan kekurangan anda yang sekiranya bisa menguntungkan anda di pikiran pewawancara !) 
    • Apa motivasi anda melamar di perusahaan ini ? Kalo untuk pertanyaan seperti ini jawabanku lebih ke apa adanya saja...aku jawab yaa karena butuh kerja (baca : duit) untuk kebutuhan hidup ! Ya gak ? Muna banget kalo gak karena alasan yang satu itu ! (Tip : usahakan saja jawaban aman kalo anda benar-benar ingin diterima di perusahaan tersebut.)
    • Berapa gaji yang anda inginkan ?..Paling sebel kalo sudah bertanya masalah gaji...karena menurutku siapa sih di dunia ini yang gak pengen bergaji besaaaarrr ???...tapi karena gak mungkin kan kita minta gaji yang melebihi gaji bos disana...yaa kujawab saja sesuai standar UMR dan bagaimana kebijakan perusahaan itu sendiri untuk karyawan baru...baik itu yang bener-bener baru ataupun baru stok lama! (Tip : silakan jawab sesuai keinginan anda...hehehe)  

    Apalagi yaah ? Kayaknya sih Duka-Duka yang mendasar dalam perjuangan mencari kerja ya poin-poin itu saja...O iya satu Duka lagi, yaitu saat menunggu kepastian apakah anda akan diterima atau tidak di perusahaan tersebut (biasanya perusahaan akan menghubungi anda lagi via telpon. Jadi selamat menungguuu...(Tip : jangan terlalu berharap banget sampai-sampai setiap anda  mendengar dering telpon anda terkaget-kaget sampai hampir jantungan...santai aja...kalau memang sudah jodoh anda gak akan lari kemana tuh kerjaan !)

Terakhir...kalo anda sudah berusaha semaksimal mungkin..tapi anda belum nyangkut-nyangkut juga (baca : diterima) di satu perusahaan manapun ..(Maaf) mungkin saja garis tangan dan garis jidat anda tidak satupun yang menunjukkan anda bekerja sebagai karyawan...tapiii..sebagai atasan (baca : bos)...yaaa kalik aja pikiran anda terbuka untuk berwirausaha...meskipun mungkin anda hanya bermodal dengkul dan nekat !...Hebat kaann ?...Jadiii buat PPK (Para Pencari Kerja) dimana sajaa....Semangaaaattt !!!