Monday, April 29, 2013

AWAL dan AKHIR HIDUP ?

Seandainya dia masih hidup...hari ini dia berulang tahun, (29 April 1972 - 08 Maret 1998)
Damailah kau di alam sana hai kakakku sayang, musuh terdekatku tersayang (paling sering bertengkar sama dia)...Ida Bagus Trisna Putra (Totok Kechanx)

Oke, kalau sudah Sang Pemilik Hidup kita (Tuhan Yang Maha Kuasa) mengatakan "Yakk..kontrak hidup kamu di dunia sudah selesai, ayo balik pulang ke Rumah !"...Ya sudah kita tidak bisa menolak sama sekali, dan berpulanglah kita bila memang saat itu tiba !. Begitu juga kalau Sang Pemilik Hidup mentakdirkan kapan saatnya  seorang bayi tiba waktunya untuk dilahirkan.

Ada satu pertanyaan besar yang selalu aku pikirkan setiap ada peristiwa kematian yang terjadi di sekitarku. Pertanyaan itu adalah Kenapa biasanya tanggal meninggal seseorang itu berdekatan dengan tanggal lahirnya ? (tidak semuanya siihh....tapi kebanyakan ! (Ini hanya berdasarkan tanggal-tanggal kematian dari orang-orang terdekatku yaa...)

Bermula ketika Papaku meninggal, beliau meninggal tanggal 19 Mei 1994 (aku ingat sekali karena beliau meninggal tepat sehari sebelum ulang tahunku), dan tanggal lahirnya ? 6 Juni 1943. Waktu itu aku belum terlalu memikirkan tentang tanggal kematian dan kelahiran yang berdekatan tersebut.

Kemudian kakak ketigaku yang aku sebut tadi (Totok Kechanx)...kakakku meninggal tanggal 8 Maret 1998...dan yaa tanggal lahirnya 29 April 1972. Saat itulah aku mulai memikirkan pertanyaan tentang tanggal yang berdekatan ini. Aku bertanya-tanya apa iya kebetulan semata atau memang biasanya seperti itu.

Setelah menikah, kejadian yang sama terjadi pada Alm.Bapak Mertua, beliau meninggal tanggal 22 Desember 2009, dan tanggal lahirnya (kalau gak salah tanggal 26 Maret* (ini juga nanya suami...dan si hubby juga ragu tanggalnya...hehe...maaf yaa Alm. Ajik Mertuaa..)

Naahh bagaimana ?...berdekatan kaan ???...Kalau mau ambil contoh yang agak jauh (bukan keluarga)...tapi beliau orang yang sangat terkenal yah kejadian baru-baru ini...ya si Ustadz kondang Jeffry Al Buchori (Turut Berduka Cita buat Beliau Almarhum !). Beliau meninggal tanggal 26 April kemaren ini, dan ternyata...tanggal lahir Beliau juga di bulan April (kalau gak salah tanggal 12 April* !).    

Apakah mungkin semua merupakan satu siklus kehidupan kita ? merupakan satu lingkaran Awal dan Akhir dari cerita hidup kita...sehingga Awal dan Akhir Hidup kita pada akhirnya berdekatan ? Entahlah...Itu adalah Rahasia Beliau (Tuhan Yang Maha Kuasa) Sang Pemilik Kehidupan kita semua. 
 

* Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan tanggal.

No comments: