Thursday, April 25, 2013

MAAF...TOLONG...dan TERIMAKASIH !

Maaf...aku tidak bermaksud ingin menggurui samasekali, karena aku merasa belum menjadi orangtua yang baik...yang bisa dijadikan panutan bagi orangtua lain untuk memberi masukan atau nasehat.

Tapi aku ingin meminta Tolong,...bagaimana kalau kita, yuk sebagai orangtua selalu mengingatkan anak-anak kita sedari kecil kata-kata sopan ini :
  • MAAF ~ Secara sportif meminta maaf bila telah melakukan kesalahan.
  • TOLONG ~ Bukan dalam artian seenaknya minta tolong agar selalu dibantu tanpa usaha sendiri lo yaa...tapii bila meminta /menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu, tidak lupa untuk mengucapkan kata Tolong.
  • TERIMAKASIH ~ Tidak lupa untuk selalu mengucapkan terimakasih untuk semua bantuan yang telah diterima.  

Aku yakin diantara kita semua 'tidak ada seorangpun yang tidak senang' bila orang lain memperlakukan kita dengan sopan dalam hal apapun. 
Dan aku yakin kata-kata Maaf, Tolong dan Terimakasih adalah kata-kata baku (standar) yang memang harus selalu kita ingatkan anak-anak kita sedari kecil, untuk dilakukan dalam keseharian mereka...agar menjadi 'kebiasaan' sampai mereka besar nanti.  

Mungkin banyak juga orangtua yang merasa secara otomatis anak-anak mereka akan bisa dengan sendirinya bertingkah laku sopan di dalam pergaulan setelah mereka besar dan dewasa nanti, tapi mereka lupa...kebiasaan baik tidak bisa terjadi begitu saja...semudah mengucap sim sala bim berubah jadi baik !. Karena pada kenyataannya...masih banyak juga orang-orang dewasa di sekitar kita yang suka lupa mengucapkan tiga kata sopan ini di situasi yang seharusnya justru diucapkan oleh mereka.

Jadii...karena aku merasa bukan dalam kapasitas yang pantas untuk memberi masukan atau nasehat... cukup sekian tulisan ini...karena kalau mau berpanjang lebar membahas masalah mengenai etika yang baik...biar aku serahkan pada ahlinya saja. Terimakasih banyak untuk perhatiannya yaaa...semoga aja bisa bermanfaat (itu juga ada kalau ada !)...he he he


No comments: